Mengobati Pankreas Dengan TNO Herbal Alami

Mengobati Pankreas Dengan Menormalkan Kembali Sistem Pankreas

Mengobati pankreas bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkan penderita diabetes, mengembalikan fungsi pankreas seperti semula bisa dilakukan dengan banyak cara bisa dengan menggunakan ramuan tradisional, dengan pengobatan yang dianjurkan dokter atau dengan menjaga pola makan yang sehat. Pankreas sendiri adalah merupakan organ kecil yang berada di dalam perut persis di sebelah lambung dan merupakan organ tambahan atau aksesoris untuk sistem pencernaan.

Pankreas memiliki panjang 18-25 cm dengan bentuk yang menyerupai bentuk ikan yang panjang, fungsi yang dimiliki pankreas meliputi fungsi endokrin dan eksokrin. Arti dari fungsi eksorin yaitu berupa kelenjar yang mengeluarkan cairan yang disebut enzim melalui salurannya sendiri menuju keluar organ pankreas artinya bisa di dalam maupun di permukaan tubuh kelenjar yang dimaksud bisa berupa kelenjar keringat,kelenjar air liur, kelenjar lendir, kelenjar air susu ibu, kelenjar sebasea (disebut juga kelenjar minyak), serta kelenjar air mata. Sedangkan fungsi endokrin adalah menghasilkan hormon insulin, hormon ini sangat penting untuk hati guna membantu fungsi hati menyerap glukosa dan menyimpanya sebagai glikogen dan berperan mengikat glukosa yang ada dalam darah ke beberapa jaringan tubuh untuk menghasilkan energi.

Penyakit Yang Menggangu Sistem Pankreas

Fungsi pankreas yang menghasilkan hormon pengikat glukosa dan membentuk enzim guna kelenjar-kelenjar pada tubuh namun apabila salah satu dari fungsi atau semua fungsinya mengalami hambatan maka tidak lain tubuh akan mengalami penyakit gula yang serius, penyakit yang dimaksudkan diantaranya:

  1. Diabetes, pankreas yangtidak berfungsi dengan baik akan mengakibatkan gula yang ada dalam darah menumpuk dan menjadi lemak dan juga tidak bisa dibentuk menjadi energi oleh tubuh. Kadar gula dalam darah terus naik sedangkan pankreas kehilangan kemampuanya untuk memproduksi insulin sesuai kadar yang dibutuhkan oleh tubuh maka akibatnya penderita akan terserang penyakit diabetes baik tipe 1 maupun tipe 2
  2. Pankreatitis, adalah peradangan bahkan kerusakan yang terjadi pada organ penkreas itu sendiri sehingga jaringan-jaringan yang ada pada pankreas mengalami kematian. Ini biasanya disebabkan karena seringnya mengkonsumsi alkohol dan bisa juga karena zat pencernaan.
  3. Fibrosis kistik, biasanya disebabkan oleh gangguan genetik sehingga pankreas dan paru-paru mengalami kelainan dan kondisi seperti ini bisa juga menyebabkan penyakit diabetes dan juga masalah serius pada pencernaan.
  4. Kanker pankreas, seperti kanker pada organ lainya kanker pankreas ini biasanya gejala-gejala yang dialami tidak begitu terlihat sehingga bisa dikatan kanker pankreas ini bisa menjadi penyakit yang diam-diam bisa mematikan. Ada banyak sekali sel yang hidup dalam pankreas dan masing-masing mempunyai peluang untuk menjadi tumor namun yang paling umum terjangkit tumor adalah sel pada saluran pankreas.
  5. Pankreas pseudokista, biasanya berwujud rongga yang berisi cairan yang disebut pseudokista dan dapat terbentuk setelah terkena serangan prankeatitis. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan melakukan pembedahan drainase namun pada beberapa penderita bisa sembuh dengan sendirinya.
  6. Tumor sel islet, ini mengakibatkan produksi hormon meningkat tajam melebihi dari kebutuhan tubuh akan hormon tersebut
  7. Pembesaran ukuran pankreas, ini bisa saja hanya karena kelainan namun perlu juga diwaspadai jika da penyakit serius.

Mengembalikan Sistem Pankreas

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan apabila pankreas mengalami gangguan seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan mengobati pankreas sesuai pentunjuk dokter yaitu:

  1. Melakukan penyuntikan insulin, biasanya diberikan pada penderita diabetes ti 1 dan tipe 2 yang sudah sulit untuk diobati dengan minum obat. Fungsi penyuntikan ini adalah untuk menurunkan kadar gula darah
  2. Pemberian enzim, ini dilakukan bagi penderita fibrosis kistik dengan cara memberikan suplemen enzim
  3. Drainase, ini dilakukan pada penderita pseudokista denga cara memasukkan jarum suntik dan selang ke dalam pseudokista melalui kulit yang langsung dihubungkan pada rongga perut dan usus. Tindakan ini berfungsi untuk mengeluarkan dan mengeringkan kista.
  4. Reseksi kanker pankreas, ini adalah tindakan operasi atau pembedahan dengan mengangkat kantong empedu, sebagian kepala pankreas dan bagian pangkal dari usus halus. Tindakan ini dilakukan untuk menghilangkan tumor yang ada pada saluran pankreas.
  5. Operasi pseudokista, tindakan operasi ini dilakukan untuk pengangkatan pseudokista dengan 2 teknik laparotomi (sayatan panjang vertikal di perut) atau laparoskopi (sayatan kecil)
  6. Transplantasi sel islet, tindakan ini dilakukan dengan cara mengangkat sel islet penderita dan kemudian mengganti dengan sel islet pendonor namun masih dalam penelitian dan diduga mampu menyembuhkan diabetes tipe 1
  7. Transplantasi pankreas, tindakan ini dilakukan pada penderita fibrosis kistik dan diabetes dengan cara mengganti pankreas penderita dengan pankreas dari pendonor.

Tips Menjaga Kesehatan Pankreas

Menjaga kesehatan pankreas adalah tugas kita juga agar tubuh tetap bugar, salah satunya yaitu menjaga pola makan dan asupan makan yang dikonsumsi seperti:

  1. Sering mengkonsumsi bawang putih, ini dilakukan karena bawang putih mengandung sulfuir, arginine, selenium, dan flavonoid yang bisa mencegah terbentuknya kanker pankreas.
  2. Bayam, termasuk jenis sayuran yang baik untuk menjaga agar pankreas tetap berfungsi normal, bukan hanya bayam namun sering mengkonsumsi sayuran yang lain juga bisa demikian.
  3. Rutin mengkonsumsi yogurt probiotik, yogurt mengandung banyak bakteri baik yang bisa menjaga sistem pencernaan tetap berfungsi normal dan juga bakteri tersebut bisa menjaga kondisi pankreas tetap stabil
  4. Cherry, termasuk buah dengan antioksidan yang tinggi buah ini juga mengandung senyawa yang bisa mencegah kanker pankreas.
  5. Jamur, mengandung senyawa yang bia menghambat perkembangan sel kanker pada pankreas dan juga menjadi sumber serat, selenium, potasium, vitamin D2 dan sedikit kalori
  6. Brokoli, mengandung flavonoid (apigenin) yang berperan sebagai pelindung jaringan yang ada pada pankkreas.
  7. Ubi jalar, bisa membantu fungsi pankreas melepaskan kadar gula yang terdapat pada darah secara berkala selain itu ubi jalar juga bisa membantu melindungi sistem pencernaan
  8. Anggur merah, mengandung resveratol yang berperan sebagai anti oksidan yang tinggi bisa mencegah kerusakan yang t erjadi pada pembuluh darah dan terjadinya peradangan bahkan bisa juga mematikan sel kanker.

Selain rutin mengkonsumsi makanan di atas, tentunya pola hidup sehat lainnya seperti olah raga dan menjaga diri dari stress dan depresi juga sangat mempengaruhi sistem kerja pankreas. Menjaga pola makan dengan menghindari makanan-makan yang dapat memicu kenaikan kadar gula pada darah dan kerusakan pada pankreas. Ada yang harus diwaspadai apabila terjadi gejala seperti di bawah ini:

  1. Apabila tinja atau feses memiliki yang sangat terang dan juga berbentuk lebih cair atau bahkan kotoran yang disertai dengan minyak, ini menandakan buruknya penyerapan gizi yang berkaitam dengan sistem pankreas yang bermasalah. Selain menghasilkan enzim pankreas juga membantu tubuh untuk menyerap beberapa zat yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A,E dan vitamin K.
  2. Nyeri perut, ini biasa menandakan terjangkitnya pankreatitis dan kanker pankreas. Nyeri yang dirasan berpusat pada perut bagian tengah dan kadang bisa menjalar hingga ke punggung dan nyeri tersebut masih terasa meskipun sudah berhari-hari.
  3. Mual, yang terjadi setelah makan makanan berlemak
  4. Penurunan berat badan, apalagi sedang tidak menjalani diet ketat

Mengetahui penyebab kerusakan pada pankreas tentunya dapat pula menelaah bagaimana solusi dan cara mengobati pankreas.

012 Post-Ender

Mohon Isi Nama Panggilan Anda

Mohon Isi Email Anda